SIMULASI dan KOMUNIKASI DIGITAL

        Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi.
Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh /dirubah sampai keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi kebijakan utama suatu keputusan di uji cobakan dalam sistem model

Simulasi Analog

         Adalah simulasi yang implementasinya menggunakan rangkaian elektronika analog. Seperti opam (operasional amplifier) untuk integrasi, pembanding, pembalik, penjumlah, dan lain-lain.
         Yaitu simulasi yang mempergunakan representasi fisik untuk menjelaskan karakteristik penting dari suatu masalah.

Simulasi Hybrid 

         Simulasi yang mana implementasinya menggunakan gabungan rangkaian elektronika analog dan computer digital.

Simulasi Digital 

          Simulasi digital,adalah simulasi yang mana implementasinya menggunakan computer digital. Simulasi Digital mempunyai 2 komponen utama yaitu Hardware dan Software
Contoh Simulasi Digital:

SIMULASI  SEPEDA MOTOR 
Simulator roda dua berfungsi untuk memberikan simulasi bagi pengendara kendaraan bermotor dengan memadukan teori dan praktik bagaimana mengendarai sepeda motor yang baik dan benar.














SIMULASI PESAWAT TERBANG

Dengan adanya game ini kita dapat mempelajari dan mengetahui teknologi mulai dari fungsi tools yang ada di pesawat hingga cara cara menggunakannya sampai kita dapat mengendarai pesawat dengan baik seperti pilot-pilot di dunia nyata. Mulai dari take off, landing bahkan Flight Simulator ini dapat auto pilot








SIMULASI LALU LINTAS


SIMULASI BENTUK BANGUNAN










SIMULASI KELAS MAYA










KOMUNIKASI DALAM JARINGAN

         Manusia  merupakan  makhluk  sosial.  Secara  naluriah,  makhluk  sosial  membutuhkan berkomunikasi  dengan  sesama.  Tidak  ada  manusia  yang  dapat  hidup  tanpa terjadinya komunikasi

Pengertian Komunikasi

         Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13).

         Komunikasi  adalah  proses  pemindahan  pengertian  dalam  bentuk  gagasan,  informasi,  dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30)

         Komunikasi terjadi jika saya berbicara, Anda mengerti
         dan sebaliknya
•     Jika Anda yang berbicara, saya mengerti.

Beberapa fungsi dari komunikasi antara lain sebagai berikut :

  1. Sebagai  informasi: komunikasi membantu  proses  penyampaian  informasi  yang  diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
  2. Sebagai  kendali:  komunikasi  bertindak  untuk  mengendalikan  perilaku  anggota  dalam beberapa  cara,  setiap  organisasi  mempunyai  wewenang  dan  garis  panduan  formal  yang harus dipatuhi oleh karyawan
  3. Sebagai  motivasi:  komunikasi  membantu  perkembangan  motivasi  dengan  menjelaskan kepada para karyawan apa  yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar
  4. Sebagai pengungkapan emosional: bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi sosial,  komunikasi  yang  terjadi  di  dalam  komunitas  itu  merupakan  cara  anggota  untuk menunjukkan kekecewaan  dan rasa puas.

JENIS KOMUNIKASI

  1. Komunikasi  lisan  atau  verbal yaitu  komunikasi  menggunakan  kata-kata,  baik  hal  itu diucapkan, maupun ditulis.
  2. Komunikasi  nirkata  atau  nonverbal,  yaitu  komunikasi  menggunakan  bahasa  tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.
         Kemampuan seseorang berkomunikasi diukur dari  seberapa akurat informasi atau pesan yang dikirim  oleh  komunikator  (pengirim  informasi)  dapat  diterima  oleh  komunikan  (penerima informasi) dan sebaliknya. Hal tersebut juga menjadi ukuran seberapa mahir kita berkomunikasi.



ASYNCHRONOU DAN SYNCHRONOUS


A.    Pengertian dari Asynchronous
   
Komunikasi online Tidak Langsung atau Asynchronous adalah mediasi computer dan layanan dari dalam terlaksanakannya komunikasi yang di lakukan secara tunda, dengan menggunakan media seperti e-mail, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melalui World Wide Web.Asynchronous adalah Proses komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap.Metode komunikasi data serial dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Data dikirimkan perbit dalam satuan waktu. Tiap simbol yang dikirimkan mempunyai start bit dan stop bit, untuk melakukan singkronisasi dari suatu device pengirim dan penerima. Interval waktu yang terjadi antara satu karakter dengan karakter lainnya dapat bervariasi atau bermacam-macam.Transmisi asinkron digunakan apabila pengiriman data dilakukan satu karakter setiap kali pengiriman. Transmisinya dilakukan dengan cara memberikan bit awal (start bit) pada setiap awal pengiriman karakter dan diakhiri dengan bit akhir (stop bit).

B.    Pengertian dari Synchronous

Komunikasi online Langsung atau Synchronous adalah mediasi computer dan layanan daring dalam terlaksanakannya komunikasi yang di lakukan secara langsung, dengan menggunakan media seperti Video Call dan Chat.Istilah yang digunakan pada bidang komunikasi atau sistem operasi untuk suatu kejadian yang terjadi pada waktu bersamaan dengan rate yang sama, dan kejadian ini terjadi berkelanjutan dan dapat diprediksi.Merupakan suatu pengiriman data yang dikirim dengan kecepatan tinggi dan data yang dikirim pada block, dimana setiap block data akan dicek ulang oleh : Block Check Character (BCC). Transmisi ini digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan yang tinggi.

C.    Perbedaan antara Synchronous dan Asynchronous

Synchronous
proses pengirim dan penerima diatur sedemikian rupa sehingga memiliki pengaturan yang sama, sehingga dapat diterima dan dikirim denan baik. umumnya pengaturan ini didasarkan pada waktu dalam mengirimkan sinyal.  waktu ini diatur oleh denyut listrik secara periodik yang disebut clock . dengan kata lain synchronous adalah sistem operasi untuk kejadian yang terjadi pada waktu bersamaan, berkelanjutan dan dapat diprediksi. contoh: chating.

Asynchronous
proses komunikasi data yang tidak tergantung dengan waktu yang tetap. proses transformasi data kecepatanya. cukup relatif dan tidak tetap. metode komunikasi serial dari satu perangkat ke perangkat lainnya. data dikirimkan perbit persatuan waktu. tiap simbol yang dikirimkan mempunyai start bit dan stop bit, untuk melakukan sinkronisasi dari suatu device pengirim dan penerima. interval yang terjadi antar satu karakter dengan karakter lainnya dapat bervariasi.  asynchronous merupakan operasi yang tidak bergantung waktu.

CONTOH dari Synchronous dan Asynchronous

Perbedaan antara synchronous dengan asynchronous yang terutama tergantung dari ada tidaknya jeda antara pertukaran pesan dan fleksibilitas waktu antar pengguna komunikasi tersebut.

Synchronous
proses pengirim dan penerima diatur sedemikian rupa sehingga memiliki pengaturan yang sama, sehingga dapat diterima dan dikirim denan baik. umumnya pengaturan ini didasarkan pada waktu dalam mengirimkan sinyal.  waktu ini diatur oleh denyut listrik secara periodik yang disebut clock . dengan kata lain synchronous adalah sistem operasi untuk kejadian yang terjadi pada waktu bersamaan, berkelanjutan dan dapat diprediksi. contoh: chating

Asynchronous
proses komunikasi data yang tidak tergantung dengan waktu yang tetap. proses transformasi data kecepatanya. cukup relatif dan tidak tetap. metode komunikasi serial dari satu perangkat ke perangkat lainnya. data dikirimkan perbit persatuan waktu. tiap simbol yang dikirimkan mempunyai start bit dan stop bit, untuk melakukan sinkronisasi dari suatu device pengirim dan penerima. interval yang terjadi antar satu karakter dengan karakter lainnya dapat bervariasi.  asynchronous merupakan operasi yang tidak bergantung waktu.Asynchronous sering disebut juga sebagai Asynchronous Transfer Mode (ATM). mode ini paling sering digunakan dalam mengirimkan dan menerima data antar 2 alat.  pada mode ini berarti clock yang digunakan oleh kedua alat tidak bekerja selaras satu dengan yang lainnya.  dengan demnikian data harus berisikan informasi tambahan yang mengijinkan kedua lata kapan menyetujui kapan pengiriman alat dilakukan. contoh: modem, mesin fax, TCP/IP, mail, buletin board, dll.

KELAS MAYA (VIRTUAL CLASS)
      Pengertian Kelas Maya

    Kelas Maya adalah kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas virtual berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas.
                Perbedaan antara kelas maya dengan kelas biasa adalah adanya pembatasan            berkomunikasi. Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang                dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses        pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas          tatap muka.

Jenis – Jenis Kelas Maya

Learning Management System (LMS)


        Learning Management System adalah perangkat lunak atau software yang dgunakan untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning dan materi-materi pelatihan. Dan semua itu dilakukan dengan online.


Learning Content Management System


         Aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat, memperbaharui, mengelola atau mempublikasikan isi dalam sebuah sistem yang teroganisir dan konsiten yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet.. LCMS digunakan untuk menyediakan, mengawasi, memperinci dan mempublikasikan dokumen-dokumen spesifik seperti artikel, manual operator, manual teknis, panduan penjualan dan brosur penjualan. Sebuah LCMS dapat berisi file komputer, gambar, audio, video, dokemen elektronik dan isi website.

Social Learning Network (SLN)


          SLN adalah jejaring social untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar. Mengingat skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian peserta dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian yang lain tidak menimbulkan dampak apa-apa.


Manfaat Kelas Maya


Kemampuan teknologi informasi pada proses belajar-mengajar terletak pada storage system, manipulasi pesan dengan berbagai teknik multimedia yang lebih menarik, pengolahan data yang lebih akurat, kecepatan transmisi data serta kemudahan akses. Jika kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan secara tepat dan bijak maka ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari kelas maya. Berikut adalah keuntungan menggunakan kelas maya:


1.  Materi lebih luas

2.  Pembelajaran disesuaikan berdasarkan kebutuhan siswa

3.  Mempersingkat waktu tanpa perlu pergi ke kelas
4.  Mengurangi belajar bergantung pada buku teks dan lebih relevan dengan dunia luar
5.  Menghemat kertas
6.  Peduli Global Warming, jadi siswa tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor untuk belajar
      7.  Mendeteksi Copas

Fitur – Fitur Kelas Maya


  1.  Konten yang relevan dengan tujuan belajar.

  2.  Menggunakan metode instruksional seperti contoh dan praktek untuk membantu           belajar siswa.

  3.  Menggunakan elemen media seperti kalimat dan gambar untuk mendistribusikan           konten dan metode belajar.
  4.  Pembelajaran dapat secara langsung dengan instruktur (synchronous) ataupun             belajar secara individu atau otodidak (asynchronous).
     5.  Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.

Contoh Penerapan Kelas Maya

Edmodo


Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukan untuk guru, murid sekaligus orang tua murid.

Edmodo pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’hara dan Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan.

Edmodo sangatlah membantu sekali dalam proses pembelajaran. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah.
Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook. Dengan Edmodo, guru/ dosen dapat mengirim nilai, tugas, maupun kuis untuk siswa/ mahasiswa dengan mudah.
Dalam penggunaan Edmodo, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kode khusus untuk setiap kelas/ grup. Jika siswa ingin bergabung pada suatu grup, maka siswa terlebih dahulu mengetahui kode khusus grup tersebut.


Manfaat Edmodo untuk Pembelajaran
          Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.
Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.


Fitur-Fitur yang Terdapat pada Edmodo

Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran. Berikut fitur-fitur yang terdapat pada Edmodo :

1. Polling

     Polling merupakan salah satu fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu. Dibawah ini merupakan contoh tampilan polling pada Edmodo :

2. Gradebook

     Fitur gradebook mirip seperti catatan nilai siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga dapat diexport menjadi file .csv. Pada fitur Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.

3. Quiz

    Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru. Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian.
4. File and Links

    Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.

5. Library

    Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain-lain. Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.

6. Assignment

    Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online. Kelebihan dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
7. Award Badge

    Untuk memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini. Berikut tampilan fitur ‘Award Badge’ pada Edmodo :



8. Parent Code

    Dengan fitur ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. Untuk mendapatkan kode tersebut, orang tua murid dapat mendapatkannya dengan mengklik nama kelas/ grup anaknya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.
    Dilihat dari manfaat dan juga fitur-fiturnya, edmodo merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online. Selain itu, Edmodo juga mempermudah kegiatan balajar mengajar antara guru dan murid.
    Nilai plus lain dari Edmodo adalah orang tua murid dapat memantau perkembangan kegiatan belajar putra-putri mereka.

Komentar