MESIN-MESIN KANTOR & FUNGSINYA


   1.     Mesin pencatat data/informasi:
a.     Mesin dikte (dactating machine)

 
Untuk mencatat / merekam hal-hal yang berkenaan dengan penugasan yang diberikan pimpinan kepada bawahannya
Untuk mendikte surat dengan cepat oleh seorang sekretaris.
b.     Mesin tik (typewriter)

 
Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas. Dari awal penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad 20, mesin ketik banyak digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja di kantor.
c.     Mesin penamor (numbering machine)






Mesin penomor adalah mesin yang digunakan untuk memberi nomor urut dan nomor rangkap pada kartu,faktur, formulir, dan kupon obligasi.
2.     https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvkoGTj_5A-NevvENBfiM_8417UDbS8L_8GCVVs4HqZa7rviil6YsvOMfQPlX_jyLvhLqagQIvGbrngPakbBb5g1sUufvMiLacgdPUXf8OCJkgMajrGHTDyfab3IAywuQ2nI7X_iAWnRJc/s1600/rautan.jpgMesin penghitung data\informasi:
a.     Mesin penjilid (binding machine)


Mesin penjilid atau biding machine adalah mesin kantor yang digunakan untuk menjilid berbagai warkat-warkat yang sejenis, buku-buku dan sebagainya. Penggunaan mesin ini lebih praktis, mengingat  kemampuan menampung yang besar, karena penjilidan dengan mesin binding dapat dilakukan dari jumlah 10 halaman hingga 100 halaman atau dengan perkiraan ketebalan 4 cm. Namun, hal ini tergantung dari kemampuan besar atau kecilnya kawat/plastik spiral yang akan dipergunakan.

b.     Pembuka surat (leter opener)

 

Mesin ini berfungsi untuk membuka sampul surat dengan cara memotong bagian pinggir sampul. Ditinjaiu dari penggunaan komponennya, pembuka surat dibagi menjadi dua:
Pembuka surat listrik (elektrik letter opener)
Alat ini digerakkan dengan menggunakan tenaga listrik dan komponen mesinnya bersifat mekanis.
Pembuka surat elektronik (electronic letter opener)
Alat ini digerakkan menggunakan tenaga baterai dan komponen mesinnya bersifat elektronis.Mesin Pembuka surat (automatic Mail Opener)
c.     Pemotong kertas(paper cuter, guillotine)

 











Mesin pemotong adalah mesin digunakan untuk memotong kertas menjadi berbagai macam yang akan dijilid agar bagian pinggir kertas sama rata.
d.     Hecht machine (stapler)





Stapler adalah alat untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan staples berbentuk huruf "U" yang terlipat di bagian bawah kertas bila panjang kedua ujung melebihi tebal kertas. ... Staplersering digunakan di Indonesia untuk membungkus makanan.
e.     Pencatat uang kas (cash register)

 











Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang.
3.     Mesin pengolah data/informasi :
a.     Mesin hitung (calculating machine)

 

Mesin hitung atau Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu
b.     Komputer









Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
4.     Mesin penggadaan data/infomasi:
a.     Mesin stensil (stencil duplicator)

 

Mesin stensil tidak lain adalah mesin penghasil dokumen berbentuk lembaran dalam jumlah banyak dengan menggunakan pembantu”kertas master ” yang disebut dengan stensil sheet atau sit stensil.Biladua warna atau lebih diperlukan pada salinan akhir, stensil yangterpisa harus dibuat dan penduplikasian yang terpisah harusdijalankan untuk setiap warna
b.     Mesin perekam sheet (sheet cutter, scanner)











c.     Mesin offset

 













Offset adalah mesin cetak yang menggunakan master yang disebut Plate dengan proses pemindahan huruf ke Blanket. Namun alat ini lebih diperuntukan bagi usaha percetakan saja, mengingat harganya yang juga sangat mahal.

 5.     Mesin pengirim/pendistribusian data/informasi:
a.     Telepon dan Intercom/Aiphone









Telepon merupakan alat komunikasi kantor yang sering digunakan untuk menghubungi relasi atau langganan di luar perusahaan tersebut. Penggunaan telepon sangat massive digunakan karena majunya perkembangan teknologi pada saat ini.
Intercom merupakan singkatan dari inter comunication. Intercom sangat dibuhkan pada suatu perusahaan yang memiliki unit bagian yang banyak. Cara kerja intercom sama seperti telepon, yang membedakannya adalah pada intercom tidak memerlukan sambungan telepon berbayar (tidak terkena biaya). Sehingga penggunaanya sangat hemat.
b.     Teleprinter










Teleprinter adalah pesawat telegraf digital yang dapat mengirim dan menerima sinyal-sinyal start-stop elektris. selengkapnya dapat dibaca di bawah ini : TELEKS. suatu sistem pelayanan telegraf yang diberikan kepada pelanggan untuk dapat saling berhubungan

c.     Telegrap, facsimile (telecopier)


 








Facsimile disebut  juga telecopier atau fotocopy jarak jauh. Yaitu mesin atau pesawat yang dipergunakan untuk mengirimkan dan menerima salinan dari informasi yang berupa gambar, foto, atau dokumen secara langsung. Komunikasi yang dilaksanakan dengan menggunakan facsimile disebut  Facsimile Exchange atau FAX, yaitu sistem pelayanan telegraph yang diberikan kepada langganan untuk dapat saling berhubungan langsung dengan menggunaka pesawat fecsimile melalui central FAX peritel.

d.     Telenote

 
 





Telenote adalah sistem untuk pengiriman bahan yang di tulis atau di gambar dengan tangan lewat sirkuit telepon, entah pribadi, nasional, atau inetrnasional.
e.     Vidio tex

 











Video text adalah penggunaan computer untuk tujuan memberikan materi tampilan
tekstual pada layar CRT. Materi tekstual biasanya berbentuk materi naratif atau tabulasi dan
disimpan dalam penyimpanan sekunder pada computer. Video teks ini memungkinkan setiap
individu untuk meminta kerangka informasi dari komputer pusat melalui telepon atau kabel,
untuk ditampilkan pada layar berupa tampilan video.

6.     Mesin penyimpan data\informasi
  a.     Mikrofilm












Mikrofilm adalah hasil reproduksi dalam bentuk gulungan film yang kecil dengan ukuran lembaran film 16 mm dan panjang 100 feets. Untuk film yang berukuran 35 mm dan panjang 200 feets, digulung dalam sel plastik.

b. Penghancur kertas (paper shredder)

 

Mesin penghancur kertas merupakan sebuah mesin yang memang wajib ada dalam sebuah kantor pada umumnya. Karena dengan adanya mesin tersebut kita bisa mengurangi tumpukan berkas yang sudah tidak terpakai lagi pada lemari penyimpanan kantor.

 c.     Pelubang kertas (punch card machine)

 

Pembolong Kertas atau biasa disebut juga punch holder adalah pelubang dokumen yang berfungsi memberi lubang pada dokumen untuk dapat ditempatkan pada ordner binder tempat penyimpanan dokumen.

Komentar